Minggu, 07 Juni 2015

personal hygien

A. Pengertian personal hygiene
Personal Hygiene berasal dari bahasa Yunani yaitu personal yang artinya perorangan dan hygiene berarti sehat. Kebersihan seseorang adalah suatu tindakan untuk memelihara kebersihan dan kesehatan seseorang untuk kesejahteraan fisik dan psikis.

B. Faktor yang mempengaruhi personal hygiene
1. Citra tubuh
Penampilan umum seseorang dapat menggambarkan pentinya hygiene pada orang tersebut. Citra tubuh ini dapat sering berubah. Citra tubuh mempengaruhi cara mempertahankan hygiene.
2. Status sosio-ekonomi
Sumber daya ekonomi seeorang mempengruhi jenis dan tingkat kebersihan yang digunakan.
3. Pengetahuan
Pengtahuan tentang pentingnya personal hygine dalam diri seseorang juga harus di utamakan dari sejak baru lahir sampai usia lanjut atau lansia.
4. Pilihan pribadi
Setiap individu dan pilihan tentang kapan untuk mandi, bercukur, dan melakukan perawatan rambut . seseorang juga memiliki pilihan pribadi yang berbeda-beda.
5. Kondisi fisik.
Orang yang menderita penyakit tertentu misalnya stroke atau menjalani operasi sering kali kekurangan energi fisik atau ketangkasan untuk melakukan hygiene sendiri.

C. Beberapa Hal Yang Penting Untuk Personal Hygine, diantaranya:
1. Kesehatan Gigi dan Mulut
upaya mempertahankan kebersihan, kenyamanan dan kesehatan gigi yang dilakukan seorang individu. Kesehatan gigi dan mulut meningkatkan kesadaran sikap dan prilaku seseorang dalam kemampuan memelihara diri dibidang kesehatan gigi dan mulut dan mampu mencapai pengobatan sedini mungkin.
2.  Kesehatan Rambut dan kulit rambut
Rambut adalah bagian tubuh yang paling banyak mengandung minyak. Karena itu kotoran, debu, asap mudah melekat dengan demikian maka pencucian rambut adalah suatu keharusan. Rambut yang sehat yaitu tidak mudah rontok dan patah,tidak terlalu berminyak dan terlalu kering serta tidak berketombedan dan berkutu.
4.  Kesehatan kulit
Kulit merupakan pelindung bagi tubuh dan jaringan dibawahnya. Perlindungan kulit terhadap segala rangsangan dari luar dan perlindungan tubuh dari bahaya kuman penyakit. Sebagai pelindung kulit pun sebagai pelindung cairan-cairan tubuh sehingga tubuh tidak kekeringan dari cairan.
5. Kesehatan Telinga
Telinga merupakan alat pendengaran, sehingga berbagaimacam bunyi- bunyi suara dapat didengar. Disamping sebagai alat pendengaran telinga juga dapat berguna sebagai alat keseimbangan tubuh. Menjaga kesehatan telinga dapat dilakukan dengan pembersihan yang berguna untuk mencegah kerusakan dan infeksi telinga. Telinga yang sehat yaitu lubang telinga selalu bersih,untuk mendengar jelas dan telinga bagian luar selalu bersih.
6.  Kesehatan Kuku
kuku adalah sebagai pelindung jari, alat kecantikan, senjata , pengais dan pemegang.Bila untuk keindahan bagi wanita karena kuku harusrelatif panjang, maka harus dirawat terutama dalam hal kebersihannya. Kuku jari tangan maupun kuku jari kaki harus selalu terjaga kebersihannya karena kuku yang kotor dapat menjadi sarang kuman penyakit yang selanjutnya akan ditularkan kebagian tubuh yang lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar